Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati ketika menerima penghargaan (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati ketika menerima penghargaan (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Program mengantar darah sampai ke kamar pasien yang merupakan inovasi dari Palang Merah Indonesia (PMI) Lumajang memperoleh penghargaan dibidang inovasi layanan publik terbaik dari lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Penyerahan penghargaan dari lembaga dunia tersebut oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Publik (PANRB) RI, Drs. Syafruddin M.Si kepada Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M. Si., dalam acara United Nation Public Service Award 2019, yaitu Penyerahan Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 di Ballroom Hotel Gumaya Tower, Semarang, Kamis malam (18/7/)

Program dari UTD PMI Lumajang ini merupakan terobosan layanan dimana pihak PMI mengantarkan langsung darah yang diperlukan oleh pasien, langsung menuju kamar pasien dirawat.

“Disamping untuk mempercepat proses pengiriman agar tepat waktu, kwalitas diharapkan dapat dipertahankan dalam perjalanan menuju rumah sakit. UTD PMI Lumajang menggunakan sepeda motor yang sudah dimodifikasi dengan secara khusus lengkap dengan penyimpanan darahnya,” kata Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati.

Sementara Menteri PANRB Drs. Syafrudin M.Si dalam kesempatan ini mengatakan, Inovasi Pelayanan Publik seperti ini merupakan wujud hadirnya pemerintah untuk menjamin pemenuhan kebutuhan dan hak masyarakat.

"Negara hadir untuk  menjamin masyarakat memperoleh hak-haknya, menyentuh harapan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan," kata Menteri PANRB Drs. Syafruddin M.Si.

Acara penyerahan penghargaan inovasi layanan publik ini selain dihadiri Meteri PANRB juga disaksikan oleg Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam kesempatan ini Ganjar Pranowo, inovasi bukan sekedar soal penghargaan yang diperoleh, namun lebih kepada manfaat yang bisa diterima masyarakat dari pelayanan yang diberikan pemerintah.

Selain Program Bloodjek, Program Suami Siaga atau Susi juga memperoleh penghargaan sebagai inovasi layanan publik dari lembaga PBB United Nation Public Service yang merupakan bagian dari peringatan UN Public Servis Day untuk tahun 2019.