Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq ketika menerima penghargaan dari Komisioner Ombusdman Indonesia (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq ketika menerima penghargaan dari Komisioner Ombusdman Indonesia (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Pemkab Lumajang dalam setahun terakhir dinilai mengalami lompatan yang luar biasa, hingga pada hari ini, Rabu (27/11) Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq memperoleh penghargaan dari Ombusdman RI.

Dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, ada 180 Kabupaten/Kota yang dinilai ada perbaikan pelayanan publik oleh Ombusdman RI. Selain kabupaten kota, seluruh lembaga negara termasuk BUMN juga memperoleh juga mendapatkan pengawasan dari Ombusdman RI dari sisi pelayanan publiknya.

Yang menarik dalam penghargaan ini adalah jumlah nilai yang berhasil ditorehkan Kabupaten Lumajang dalam penilaian tahun ini. Jika sebelumnya Lumajang berada di Zona Merah dengan nilai 22, tahun ini dibawah kepemimpinan Bupati H. Thoriqul Haq dan Wabup Ir. Indah Amperawati nilainya tercatat 90,02.

Nilai ini jauh melampaui Kabupaten Banyuwangi yang sebelumnya sudah berada pada zona hijau, dan pada tahun ini Banyuwangi berhasil meraih nilai 88, atau dua point lebih dibawah Kabupaten Lumajang.

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq yang kami hubungi via ponselnya malam ini mengatakan, penghargaan ini diserahkan langsung oleh Komisioner Ombusdman Indonesia di Jakarta.

"Kabupaten Lumajang dinilai berhasil dalam mengintegrasikan pelayanan dari beberapa lembaga pelayanan publik yang ada di Kabupaten Lumajang. Kemudian pelayanan KTP yang bisa selesai ditingkat kecamatan, juga menjadi point perbaikan pelayanan kita. Dan terobosan kita membuat akun media sosil Lapor Lumajang juga menjadi salah satu penyebab tingginya point kita saat ini," kata Bupati Lumajang melalui sambungan ponselnya.

Menurut Bupati, media Lapor Lumajang itu dinilai baik dari sisi keterbukaannya, dan respon lembaga terkait yang dinilai cepat juga menjadi penentu tingginya point yang berhasil diraih Kabupaten Lumajang.

"Yang masuk dalam penilaian Ombusdman adalah kecepatan kita dalam merespon laporan warga yang disampaikan melalui Lapor Lumajang. Jadi Ombusdman itu menilai respon cepat kita," urai Bupati Lumajang kemudian.

Bupati juga menjelaskan dengan nilai 90,02, Kabupaten Lumajang tinggal langsung berada dibawa Great A, karena Zona hijau itu diatas 80, sedangkanLumajang dengan nilai diatas 90 posisinya dibawah Great A dan diatas Zona Hijau.

"Ini adalah bagian dari revilusi birokrasi dan pelayanan yang kita laksanakan selama 1 tahun 2 bulan pemerintahan sekarang. Semoga kedepan kita bisa lebih baik lagi," tegasnya kemudian.