Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq ketika menerima penghargaan dari Ombudsman (Foto: Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)
Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq ketika menerima penghargaan dari Ombudsman (Foto: Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)

Penghargaan yang diterima Kabupaten Lumajang dari Ombudsman RI merupakan bentuk keberhasilan Pemkab Lumajang dalam memperbaiki berbagai layanan untuk masyarakatnya yang harus dipertahankan, bahkan harus terus ditingkatkan. 

Hal ini disampaikan oleh usahawan muda asal Lumajang, Agus Setiawan, ketika dimintai tanggapannya terkait dengan keberhasilan Kabupaten Lumajang yang berhasil memperoleh penghargaan dari lembaga pengawasan publik Ombudsman RI. 

"Kalau saya baca di media, keberhasilan ini cukup gemilang, karena dari zona merah langsung melompat sampai zona hijau. Ini satu keberhasilan yang luar biasa yang dicapai Kabupaten Lumajang dalam melakukan perbaikan pelayanan publiknya," kata Agus Setiawan melalui sambungan ponselnya kepada Jatimtimes.com. 

Agus Setiawan yang juga pemilik Biting Mega Wisata (BMW) Lumajang ini mengatakan, semua daerah hampir pasti akan selalu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakatnya, namun tidak semuanya berhasil. Sangat tergantung dengan komitmen pimpinan daerahnya. 

"Yang saya lihat Lumajang di bawah pimpinan Cak Thoriq memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan perubahan dan peningkatan kualitas pelayanan itu, sehingga masuk akal kalau dalam pemberian penghargaan dari Ombudsman ini, nilainya bahkan melebihi Kabupaten Banyuwangi. Ini capaian yang luar biasa," kata Agus Setiawan kemudian.

Agus  Setiawan berharap agar kedepan Pemkab Lumajang terus berkomitmen meningkatkan kualitas layanan untuk masyarakatnya, sehingga masyarakat Lumajang benar-benar bisa merasakan kenyamanan dalam menerima layanan dari aparatur yang ada di Lumajang.

Agus Setiawan juga menilai bahwa banyak layanan yang masih perlu diperbaiki, misalnya di rumah sakit milik pemerintah, sejumlah badan jalan yang banyak digunakan untuk berjualan, yang masih memerlukan penataan dengan tidak merugikan usaha masyarakat dan sejumlah bidang lainnya.

"Masih banyak yang bisa ditingkatkan dan saya yakin dengan komitmen yang kuat dari pemimpin Lumajang semua itu akan bisa diatasi satu persatu, tahap demi tahap," papar Agus Setiawan kemudian.