Bupati Lumajang saat menerima penghargaan dari Komisi Informasi (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Bupati Lumajang saat menerima penghargaan dari Komisi Informasi (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Sehari setelah menerima penghargaan dari Ombudsman RI terkait pelayanan publik, pada hari Rabu kemarin, malam ini Kamis (28/11) Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq kembali menerima penghargaan dari Komisi Informasi Jatim dalam PPID Award 2019 di Surabaya.

Malam ini Kabupaten Lumajang menerima penghargaan untuk Kabupaten/Kota menuju informasi dari Komisi Informasi Jatim dengan nilai antara 80 sampai 96 untuk Katagori B.

Posisi ini jauh lebih baik dibandingkan dengan posisi tahun 2018, dimana Kabupaten Lumajang berada pada katagori C, dan tidak masuk dalam nominasi peraih penghargaan.

Dalam acara PPID Award tahun 2019, Propinsi Jawa Timur berharap kepada seluruh OPD di Jatim untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi dari lembaga pemerintahan maupun layanan publik. 

"Sekarang sudah bukan jamannya lagi menutup-nutupi informasi kepada masyarakat. Terkait penyajian informasi kepada publik kita harus cepat, efisien, tanggap, transpasaran dan responsif atau Cetar sebagaimana dicanangkan oleh Pemprov Jatim," kat Asisten Sekda Jatim Dr. Himawan Estu Bagio SH, MH yang hadir mewakili Gubernur Jawa Timur.

Sementara itu Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq yang kami hubungi via ponselnya usai acara menjelaskan, penghargaan ini adalah bukti keberhasilan Kabupaten Lumajang dalam memberi keterbukaan informasi kepada publik. Termasuk didalamnya adalah hadirnya akun Lapor Lumajang yang selama ini dijadikan sarana pengaduan bagi masyarakat Kabupaten Lumajang.

"Kami sangat menghargai proses ini dan kami akan terus berproses menjadi lebih baik dalam memberikan ruang dan akses kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi dari pemerintah, sekaligus menerima infomasi dari masyarakat. Ini yang lebih penting," kata Bupati Lumajang kepada media ini.