Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Pemkab Lumajang berencana akan membangun terminal induk pasir di Lumajang untuk memastikan jumlah pasir yang keluar dari seluruh Lumajang benar-benar tercatat secara akurat, berikut pajaknya.

Hal ini disampaikan Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq kepada sejumlah awak media pada hari ini, Senin (2/12) di Panti PKK dalam dialog bersama sejumlah wartawan di Lumajang.

Saat ini, menurut Bupati Lumajang, pihaknya saat sedang mematangkan rencana tersebut bersama PD Semeru, Pemprov Jatim dan Pemkab Lumajang.

“Sekarang sedang kita bahas dengan Pemrov, prinsip dasarnya adalah bagaimana langkah ini bisa menyelesaikan seluruh masalah yang berkaitan dengan tambang, tata kelolanya, tata niaganya dan pajaknya juga,” kata Bupati Lumajang.

Dijelaskan, dengan adanya terminal induk pasir ini, maka setiap truk yang keluar dari tambang benar-benar tercatat secara baik, dari tambang milik siapa, jumlahnya berapa dan menghitung pajaknya pula.

“Keuntungannya banyak, pertama pajak terukur, dari tambang mana kita bisa tahu, dan yang keluar berapa semuanya bisa kita ketahui. Jadi jelas kita dapat berapa dari pajak pasir itu,” jelas Bupati Lumajang kemudian.

Bupati Lumajang juga mengatakan, terminal induk pasir ini sangat mungkin bekerjasama dengan beberapa stockphile yang ada di Lumajang yang dinilai memenuhi persyaratan untuk bekerja sama. Diharapkan tahun depan, terminal induk pasir ini sudah mulai bisa beroperasi.