Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar S.IK (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar S.IK (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Untuk mengamankan Pilkades Serentak di 158 desa di Kabupaten Lumajang, Polres akan menurunkan 1.850 personol Polri yang terdiri dari anggota Polres Lumajang, bantuan personil dari Polres terdekat dan Satuan Brimob dari Polda Jatim.

Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar S.IK kepada sejumlah wartawan pada hari ini, Rabu (4/12) menjelaskan, seluruh personil pengamanan Pilkades serentak tersebut mulai akan didistribusikan ke desa-desa mulai H-1 atau sehari menjelang Pilkades.

"Satu hari menjelang Pilkades nanti seluruh personil, akan kita distribusikan kepada desa-desa yang menggelar Pilkades," kata Kapolres Lumajang.

Sementara itu, untuk desa-desa yang dianggap rawan, akan disupport aparat kepolisian dalam jumlah yang lebih banyak, dibandingkan dengan desa yang dinilai lebih aman,

"Dari pemetaan yang kita lakukan, setidaknya ada 25 desa yang dinilai rawan. Sekarang masih sedang kita evaluasi berapa jumlah personil yang akan kita kirim ke desa-desa yang rawan itu," jelas Kapolres Lumajang kemudian.

Masih terkait dengan pengamanan Pilkades serentak ini, Polres Lumajang juga akan mendapatkan bantuan tenaga pengamanan dari Linmas sebanyak 1.500 orang.

"Kita akan mendapatkan bantuan sebanyak 1.500 Linmas dari Pemkab Lumajang dan saya yakin dari jumlah itu sebagian diantaranya adalah Satgas Keamanan Desa," papar Kapolres kemudian.