Anggota FKWL bersama Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Anggota FKWL bersama Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Bermula dari sebuah rencana kecil yang diperbicangankan di kantor Forum Komunikasi Wartawan Lumajang (FKWL), sebuah rangkaian peringatan Hari Pers Nasional akhirnya berhasil dilaksanakan selama dua hari, sejak Sabtu (8/2) kemarin. 

Menariknya, acara ini tidak hanya melibatkan wartawan yang tergabung dalam FKWL, namun keluarga juga terlibat dalam keseruan memperingati hari besarnya para jurnalis itu.

Berangkat dari tempat berbeda, pada hari Sabtu (8/2) kemarin, anggota FKWL berangkat dari rumah masing-masing menuju pemandian Tirtosari Penanggal Candipuro.

Emak-emak dari kalangan pers ini diangkut dengan menggunakan 3 mobil, sedangkan sejumlah jurnalis memilih pakai motor sampai ke lokasi.

"Untuk yang bawa anak-anak kita siapkan 3 mobil dari teman-teman sendiri," kata Abdul Rohman seksi perlengkapan.

Sekitar pukul 10.00, seluruh anggota FKWL sudah sampai dilokasi dan mempersiapkan seluruh rangkaian acara dari siang hingga malam hari. 

Dua group musik dihadirkan untuk siang dan malam hari. Sedangkan cara inti berupa dialog mulai digelar sekitar pukul 14.30 sampai pukul 17.00. Selurh wartawan dan keluarganya menginap di Tirtosari, berbaur kesejukan alam Tirtosari yang eksotik.

"Alhamdulillah Pak Bupati, Bu Wabup, Wakil Ketua DPRD, Kepala BNN, Anggota DPRD Jatim, Pak Kapolres Lumajang, dan sejumlah undangan lainnya semuanya hadir memenuhi undangan kami dan semua ikut dalam dialog dengan tema pariwisata Lumajang," jelas Hariyanto, dari Seksi Acara HPN Lumajang.

Sementara itu Cak Fatah dari Jatimtimes kepada media ini mengatakan, acara HPN ini memang selalu digelar setiap tahun setiap tahun. Tahun lalu FKWL mengadakan acara semacam Lokakarya yang dihadiri lebih dari 800 orang.

"Tahun ini kita membuat acara yang lebih sederhana, ya hanya melibatkan 64 orang yang terdiri dari wartawan dan keluarga, serta undangan lainnya. Alhamdulillah Pak Bupati dan Bu Wabup juga berkenan hadir. Seluruh acara ditutup dengan kahadiran Pak Kapolres dan diakhiri dengan bakar ikan bareng-bareng," jelas Cak Fatah.

Sedangkan Ketua Panitia HPN Lumajang, Hari Purwanto kepada media ini mengatakan, walau jumlah anggota FKWL tidak terlalu banyak, namun setiap tahun selalu memberikan kontribusi ide kepada pembangunan Lumajang lewat forum dialog yang selalu digelar FKWL.

"Kita berjumpa tahun depan, semoga lebih meriah dan bermanfaat," tegas Hari Purwanto.