Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatm TIMES)
Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatm TIMES)

Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati berharap agar penyediaan seragam gratis untuk pelajar di Lumajang harus sudah siap pada bulan mei 2020.

Oleh karena itu, sejak desember 2019 kemarin, Pemkab Lumajang sudah meminta kepada Dinas Pendidikan untuk mempersiapkan tahapan lelang seragam gratis ini, agar tidak terjadi keterlambatan distribusi seragam gratis tersebut.

"Sample kain itu harus kita uji lab dulu ke Bandung, agar sesuai dengan yang kita inginkan. Setelah itu tahapannya adalah penyiapan lelang. Kita ingin bulan Mei mendatang seragam itu sudah siap di distribusikan oleh Dinas Pendidikan, sehingga pada saat siswa daftar ulang, sudah mendapatkan seragam gratis itu," kata Wabup Lumajang Ir. Indah Amperawati, pagi ini Selasa (11/2).

Untuk tahun lalu, diakui Wabup Lumajang terjadi keterlambatan untuk penyediaan seragam Pramuka. Tahun ini diharapkan keterlambatan itu tidak terjadi lagi, sehingga begitu masuk sekolah, siswa baru sudah bisa menggunakan seragam baru tersebut.

"Saya akan minta kepada Dinas Pendidikan agar keterlambatan itu tidak terjadi lagi. Kemarin itu ada keterlambatan sekitar dua minggu untuk seragam pramuka. Saya berharap tahun ini, jangan sampai terulang kembali, karena kalau terlambatnya agak lama, banyak orang tua yang beli sendiri seragam itu," urainya kemudian.

Diperkirakan siswa baru akan mulai masuk ke sekolah yang baru pada bulan Juli 2020. Jika distribusinya dilakukan mulai Juni, ada jedah waktu bagi orang tua siswa untuk menjahit kain seragam tersebut.

Wabup juga berharap agar masyarakat mengerti bahwa seragam gratis itu untuk siswa SD/MI, SMP/Mts, dan Aliyah baik swasta maupun negeri di seluruh Kabupaten Lumajang.

"Untuk SMA dan SMK menjadi tanggungjawab pemerintah propinsi. Ini masyarakat yang harus paham, karena sekarang SMA dan SMK menjadi tanggungjawab propinsi," tegasnya kemudian.