Layar tangkap twit @budimandjatmiko terkait cara menaklukkan Corona (Twitter)
Layar tangkap twit @budimandjatmiko terkait cara menaklukkan Corona (Twitter)

MALANGTIMES - Merebaknya virus Corona di Indonesia, melahirkan juga berbagai informasi terkait cara pencegahan dan penanganannya. Walau diklaim mampu mengatasi serangan Corona, tapi berbagai informasi itu pun diikuti dengan perdebatan ramai di media sosial.

Terbaru yang lagi ramai adalah terkaitan cuitan dari Budiman Sudjatmiko politisi PDI Perjuangan yang kini aktif di inovator 4.0 Indonesia.

Melalui akun pribadi Twitter-nya @budimandjatmiko mencuitkan terkait cara menaklukan virus Corona melalui air panas, alkohol dan minyak.

"Video ini (saya terima dr @quicchote) sdh saya cek ke mahasiswa doktoral Biologi Molekuler. Menaklukan corona adalah dgn air (panas), alkohol, minyak atau udara panas. Sedikit saja koreksi: RNA (bukan DNA)," cuitnya. 

Dia juga menyematkan video yang kini telah ditonton sebanyak 192,7 ribu berdurasi 0:22 menit.

 

 

Tak hanya itu Budiman juga menambahkan cuitannya terkait cuci tangan yang disebutnya sebagai peristiwa kultural sebagai bagian pencegahan virus corona. Tapi kini telah bergeser menjadi peristiwa politik.

"Melawan virus corona itu peristiwa kultural (termasuk budaya cuci tangan) & teknologi kedokteran. Melawan panik massal jg peristiwa kultural (kultur membaca & cek ricek) yg kalau paniknya dikipasin terus jd perisiwa politik... (geopolitik & politik domestik)," tambah @budimandjatmiko.

Cuitan dan video yang disebut Budiman dari @quicchote itu pun menjadi viral diperbincangkan warganet. Misalnya yang dicuitkan oleh @dcsprtsfan6 yang menyampaikan, cuitannya terkait menaklukkan Corona menyesatkan.

"Bung Bud, Ini menyesatkan kalau bilang "Menaklukan Corona". Cuci tangan + sabun itu benar bisa merontokkan jaringan lemak virus sehingga dia kehilangan kemampuan infeksi. alkohol membunuh virus itu betul. tp harus dijelaskan alkohol 70%. semua itu anjuran WHO kok!," bantahnya.

Perdebatan terkait cara menaklukkan Corona pun menjadi panas di Twitter. Diselingi dengan informasi lainnya terkait cara merontokkan jaringan lemak virus dari akun @andychristianto.

Akun dengan bio "Berbuat baik membantu sesama. Lawan covid19 dengan air pH 9,5 & pH 11,5. Miliki mesinnya, bikin sendiri dirumah. Stay Healthy" ini menyampaikan cuitannya.

"Info penting ini. Baru tahu ternyata begini proses hancurnya virus covid19. Pantesan setiap timbul gejala flu, aku minum air pH 11,5 sebelum tidur dan hasilnya pas bangun badan segar kembali," cuit @andychristianto.

Cuitan akun itu pun seperti membuka perdebatan lama terkait khasiat air pH 9,5 - 11,5 yang diklaim mampu mengobati beberapa penyakit. 

Di tahun 2016-2017 lalu berkembang Kangen Water yang merupakan air dengan pH 9,5 hingga 11,5 yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit. 

Air itu biasanya disebut air alkali dengan tingkat keasaman cukup tinggi. Dengan angka 9,5-11,5 maka air alkali yang juga disebut-sebut bisa menaklukkan virus Corona kembali mencuat lagi.

Sebagai informasi, standar pH air yang biasa dikonsumsi adalah 7. Bila di bawah angka itu maka akan semakin asam pula larutan atau cairan tersebut. Sebaliknya, semakin tinggi angka pHnya maka akan semakin basa larutan atau cairan tersebut.

Dikutip dari laman hellosehat.com (14 Februari 2019), air alkali memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Minum air yang sifatnya basa diyakini para ahli dapat memengaruhi pH tubuh. Semakin tinggi pH tubuh (basa) maka akan semakin baik.

Selain itu, air dengan pH 8+ juga biasanya mengandung mineral alkali dan ORP negatif.
ORP atau oxidation reduction potential adalah kemampuan air untuk bertindak sebagai antioksidan. Semakin negatif nilai ORP, maka semakin banyak kandungan antioksidan di dalam air minum tersebut.

Berbagai manfaat lain air alkali juga diklaim mampu menjaga hidrasi, menetralisir kelebihan asam, mengendalikan tekanan darah dan gula, serta menjaga kesehatan tulang.

Berbagai manfaat air alkali yang populer dengan sebutan Kangen Water ini yang kini kembali ramai dan diklaim mampu melawan virus Corona di medsos. 

Walaupun beberapa pendapat lainnya masih meragukan hal itu serta masih dibutuhkan adanya studi dan pembuktian lebih lanjut.

"Kalo memang yang harus dilarutkan lemak virusnya. Adalah air pH 11,5 bisa melarutkan minyak. Halal. Banyak video infonya di youtube, biasanya melarutkan minyak wijen. Pantesan kalo badanku meriang, sebelum tidur minum pH 11,5, setelah bangun badan segar kembali," cuit @andychristianto yang juga menyampaikan air alkali atau Kangen Water juga dijual bebas di pasaran.

FitriaRasyid1 mencuitkan, "Klo lihat pidionya gampang amat nih penyakit yak.. tpi klo lihat fakta yg terjadi.. ehmmm negara2 maju aja pd empot2an.. msak iya mrk lock down klo nih virus ecek2," ujarnya.