Konferensi Pers Bupati Lumajang pada hari ini (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Konferensi Pers Bupati Lumajang pada hari ini (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dr. Bayu Wibowo Ignasius mengatakan, kelangkaan masker dan hand sanitizer memang menjadi masalah nasional, karena permintaan yang melonjak seiring dengn merebaknya virus corona.

Namun demikian, dr. Bayu panggilan akrabnya, masyarakat tidak perlu panik jika di toko-toko tidak lagi tersedia hand sanitizer, karena sebagai penggantinya bisa memanfaatkan sabun untuk cuci tangan.

"Jadi kalau tidak ada hand sanitizer tidak perlu bingung, karena sabun juga memiliki bahan aktiv antiseptic yang lebih bagus. Gunakan saja sabun untuk cuci tangan dengan air yang mengalir," kata dr. Bayu Wibowo, dalam konferensi pers yang berlangsung pada hari ini, Sabtu (21/3) di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang.

Terkait dengan langkanya masker di Lumajang, Dinas Kesehatan juga melakukan koordinasi dengan Polres Lumajang, untuk menghindari terjadinya penimbunan masker di Lumajang.

Diakui dr. Bayu, yang paling kesulitan dari kelangkaan masker dan hand sanitizer adalah petugas kesehatan, karena ditengah keharusan untuk melakukan tugas-tugas kesehatan, sarana yang dibutuhkan justru langka di pasaran.

"Kami dari petugas kesehatan juga mengalami kesulitan. Untuk masker, hand sanitizer dan alkohol juga jarang dipasaran. Kami juga melakukan pengadaan, sudah deal, namun barangnya tidak datang-datang sampai sekarang," jelas dr. Bayu kemudian.

Oleh karenanya Dinas Kesehatan Lumajang memaksimalkan persediaan yang ada, agar bisa dimanfaatkn secara efektiv oleh seluruh petugas kesehatan, baik di rumah sakit, maupun puskesmas di Lumajang.

Sementara Bupati Lumajang H. Thooriqul Haq pada saat yang bersamaan menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pabrik alkohol dibawah naungan PTPN XI di Jatiroto untuk segera mensuplay alkohol untuk kebutuhan Kabupaten Lumajang.

"Kita sudah ada kesepahaman dengan pabrik alkohol di Jatiroto dimana dalam waktu dekat ini akan ada suplay alkohol untuk keperluan di Kabupaten Lumajang," jelas Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq.