Fitur layanan Tokopedia E-Samsat. (Istimewa).
Fitur layanan Tokopedia E-Samsat. (Istimewa).

Fitur pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online menyapa masyarakat Jawa Timur di tengah pandemi covid-19. Yakni  Tokopedia E-Samsat. Layanan ini  merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Tokopedia.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan, seiring dengan perkembangan teknologi, perlu adanya inovasi digital yang bisa mempermudah kehidupan masyarakat, terutama saat menghadapi pandemi covid-19.

Sehingga dia mengapresiasi langkah Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia yang menghadirkan layanan E-Samsat untuk masyarakat Jawa Timur. "Keberadaan fitur ini akan membantu serta mempercepat layanan pembayaran pajak kendaraan masyarakat Jawa Timur tanpa harus ke luar rumah," kata gubernur perempuan pertama Jatim ini.

Sementara itu, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni melalui keterangan tertulisnya menyampaikan, Tokopedia menjadi mitra e-commerce pertama yang bekerja sama langsung dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam mempermudah masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor secara online lewat Tokopedia E-Samsat.

Sebelumnya, Tokopedia E-Samsat sudah hadir di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Melalui kolaborasi dengan Pemprov Jatim pada kesempatan ini, Tokopedia berharap dapat membantu masyarakat tetap memenuhi kewajiban perpajakannya. "Sekaligus berkontribusi meningkatkan penerimaan daerah di tengah pandemi ini," kata Astri.

Diluncurkan pada awal 2020 untuk masyarakat Jawa Timur, layanan ini diklaim telah berkontribusi signifikan. Tokopedia mencatat peningkatan jumlah transaksi sebesar dua kali lipat selama Maret dibandingkan bulan sebelumnya.

Melalui Tokopedia E-Samsat, pengguna dapat memotong dua jalur antrean, yaitu proses registrasi kelengkapan dokumen dan pembayaran. Proses layanan pembayaran pajak kendaraan menjadi lebih cepat dan efisien karena kedua proses tersebut bisa dilakukan dalam hitungan menit dari lokasi mana pun melalui Tokopedia.

Salah satu kemudahan lainnya adalah tidak adanya batas nominal transaksi tunggal. Sehingga berapa pun besar nilai pajak tetap bisa dibayarkan. Selain itu, masyarakat dapat memilih lebih dari 50 opsi pembayaran, termasuk pembayaran secara cicilan.

“Semua langkah ini Tokopedia lakukan demi memastikan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus ke luar rumah, menjaga kelangsungan bisnis para penjual, sekaligus turut mendorong pemulihan ekonomi Indonesia, sesuai semangat kampanye #JagaEkonomiIndonesia,” ungkap Astri.

Tokopedia di sisi lain menghadirkan kampanye "Bayar Pajak Cukup dari Rumah Aja" untuk mengajak seluruh masyarakat, termasuk yang ada di Jawa Timur, tetap berkontribusi mendorong perekonomian daerah di tengah pandemi. Salah satunya dengan membayar pajak.

"Ke depannya, Tokopedia berharap layanan E-Samsat ini segera dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia," pungkas Astri.