Ketua DPC PDI Perjuangan Solikin SH, ketika menyerahkan bantuan beras kepada abang becak (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Ketua DPC PDI Perjuangan Solikin SH, ketika menyerahkan bantuan beras kepada abang becak (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Mulai hari ini, Rabu (20/5) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lumajang mulai mendistribusikan bantuan berupa beras masing-masing 5 Kilogram kepada 2 ribu abang becak di sejumlah kecamatan di Lumajang.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lumajang Solikin SH, mengatakan, untuk 2 ribu paket bantuan ini diberikan di kecamatan Lumajang sebanyak 750 paket, sedangkan sisanya diberikan di sejumlah kecamatan lainnya.

Baca Juga : 12 Pasien Sembuh, Jumlah Positiv-19 di Lumajang Mendekati Angka Nol

"Yang paling banyak di kecamatan kota yang kita bagi hari ini. Hari ini kita mengundang 750 abang becak dalam tiga kali pembagian agar tidak terjadi kerumunan. Kita sebisa mungkin menghindari kerumunan sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19," kata Solikin SH.

Pembagian beras ini dilakukan dengan cara menyebar kupon kepada abang becak disejumlah pangkalan. Sebelum memasuki kantor DPC PDI Perjuangan di Jalan Soekarno Hatta, para petugas memberikan masker dan melarang para abang becak ini bergerombol.

"Beras ini kita berikan kepada abang becak untuk meringankan beban ekonomi mereka yang terdampak akibat Covid-19. Dananya murni patungan sejumlah pengurus dan anggota legislativ dari PDI Perjuangan dan pengurus yang memiliki kemampuan ekonomi bagus," kata Solikin SH.

Selain di kecamatan Lumajang, PDI Perjuangan juga akan membagikan bantuan ini di kecamatan Pasirian, Tempeh, Sukodono, Jatiroto, Kedungjajang dan Yosowilangun. Jumlahnya bervariasi pada setiap kecamatan, antara 100 hingga 250 paket beras.

Baca Juga : Sambangi Panti Asuhan, Jurnalis Kabupaten Malang Bagikan Puluhan Paket Sembako

"Pemberian bantuan ini akan kita berikan selam tiga hari, sampai dengan Jumat mendatang. Kita juga akan datang ke dusun Nyeoran Jatiroto, karena desa ini ada warganya yang positiv Covid-19 dan sedang menjalani proses lockdown lokal. Kita akan membantu warga disana, dimana aktivitas mereka mulai dibatasi, karena ada warganya yang positiv Covid-19," kat Solikin SH. 

Selain kepada abang becak, paket bantuan beras ini juga diberikan kepada 65 pengemudi angkutan kota yang bisa beroperasi didalam kota Lumajang. "Mereka juga kita bantu, sementara jumlahnya ada 65 pengemudi angkot," urai Solikin SH, kemudian.